---

Minggu, 02 Oktober 2011

Cara menghitung haid

emm dari awal pengen banget bikin artikel tentang haid. terutama buat muslimah nih saya hanya sekedar berbagi informasi ini apalagi menurut saya masih minim pengetahuan muslimah tentang cara menhitung waktu haid. bukan maksud untuk menggurui hanya untuk share information aja... check it out...

saya akan memberi pendahuluan bahwa masa minimal wantia haid itu adalah 1 hari (24 jam) dan maksimalnya ialah 15 hari.
masa suci wanita haid minimal 15 hari sedangkan maksimalnya tak terhingga. saya akan memberi contoh permasalahan berikut :

  1. 1. Ani haid pada tanggal 1 Agustus dan berhenti pada tanggal 7 Agustus dan itu adalah haid pertamanya. kemudian Ani mengeluarkan darah pada tanggal 16 Agustus. apakah darah itu haid?
jawab:
  • mari kita baca pendahuluannya masa maksimal haid adalah 15 hari, masa suci minimal adalah 15 hari. kita hitung dari 7 ke 17 selisihnya adalah 10 hari maka darah yang keluar pada tanggal 17 itu bukanlah haid melainkan istihadoh (darah penyakit). karena 10 hari itu belum mencapai masa suci minimal wanita haid yang 15 hari.
  1. 2. lalu kapankah ani dikatakan haid yang kedua?
  • masa suci wanita haid yang 15 hari tersebut dihitung dari haid pertama pada suatu bulan. jadi dihitungnya dari tanggal 7 ketika Ani selesai haid pertamanya. 15 + 7 = 22. jadi ani dikatakan haid kedua yaitu tanggal 22 agustus. dikarenakan masa suci wanita haid minimal itu adalah 15 hari 

yang belum paham silahkan nanya, siapa tahu saya bisa jawab atau mau ada yang memberi komentar tentang pernyataan saya ?

3 komentar:

Mega Monroe mengatakan...

Kalau haid tgl 1 desember jam 8:00 wib selesai tgl 7 desember jam 17:00wib,,bagaimana cara menghitung masa sucinya? mulai tgl 7 atau 8?

atiqah mengatakan...

Assalamualaikum,

Saya ingin bertanya soalan. Saya haid pada tanggal 29 july - 6 ogos. Tanggal 19 ogos - 28 ogos, haid kembali lagi.

Saya difahamkan bahawa tempoh minimal suci haid adalah 15 hari. Mengikut situasi saya, adakah ia nya dikira sebagai istihadah hingga tanggal 21 ogos dan mulai 22 ogos - 28 ogos dikira sebagai haid? Ataupun mulai tanggal 19 ogos - 28 ogos dikira sebagai istihadah sekaligus?

Sekian terima kasih.

Unknown mengatakan...

Sy ingin bertanya apabila haid pada tanggal 2 juni dan berakhir pd 10 juni kemudian suci/sholat, namun pd tgl 17 juni kembali keluar darah, jd itu masuk ke haid apa istihadhoh ya? Jika masuk ke haid maka batas maksimalnya tgl brp? Dan jika masuk ke instihadhoh maka batas maksimalnya tgl brp ya? Terimakasih